Header Ads

Karakteristik Aspergillus niger






Jual Culture Aspergillus niger dalam agar miring
Dan starter dalam bentuk serbuk


Aspergillus niger adalah salah satu jenis mikroba dari golongan fungi dan diklasikasikan genus Aspergillus bersifat aseksual, meskipun bentuk sempurna (bentuk yang bereproduksi secara seksual) telah ditemukan. Aspergillus banyak ditemukan di berbagai tempat di alam. Aspergillus niger umumnya ditemukan tumbuh sebagai saprofit pada daun mati, bahan makanan yang disimpan, tumpukan kompos, dan vegetasi yang membusuk lainnya. Aspergillus niger memiliki spora berwarna hitam yang cukup lebat dan pertumbuhannya sangat cepat.
Penggunaan utama dari A. niger adalah untuk produksi enzim dan asam organik dengan cara fermentasi. Aspergillus niger juga digunakan untuk menghasilkan asam organik seperti asam sitrat dan asam glukonat. Sejarah penggunaan yang aman untuk Aspergillus niger terutama berasal dari penggunaannya dalam industri makanan untuk produksi banyak enzim seperti aamylase, amiloglukosidase, selulase, laktase, invertase, pectinases, dan protease asam.

Seperti halnya jamur pada umumnya, taksonomi Aspergillus terutama didasarkan pada ciri-ciri morfologi, bukan, fitur fisiologis dan biokimia karakteristik genetik sering digunakan untuk mengklasifikasikan bakteri. Genus Aspergillus biasanya didefinisikan sebagai jamur saprophytic aseksual yang menghasilkan konidia hitam atau coklat besar dengan phialides yang diatur dalam kepala bulat memancar dari vesikel atau conidiophore bola. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.