Header Ads

Proses Pembuatan Kecap Kedelai Dengan Kapang Aspergillus sojae / Aspergillus oryzae




Jual Kapang Aspergillus sojae / Aspergillus oryzae



Proses pembuatan kecap melibatkan pemanfaatan bioteknologi, dengan memanfaatkan kapang Aspergillus oryzae, Aspergillus sojae, Aspergillus wenti, Rhizophus olygosporus. Proses pembuatan kecap cukup lama, proses fermentasi dengan kapan kurang lebih berlangsung 2-3 hari, sedangkan proses fermentasi selanjutnya dalam larutan garam 25% kurang lebih 3-6 bulanan. Proses fermentasi yang cukup lama bertujuan untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat dan aroma yang lebih menarik.
Produk kecap memiliki pangsa pasar dan permintaan yang sangat besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Di Indonesia terdapat banyak produk kecap dengan berbagai cita rasa dan kemasan yang diproduksi oleh produsen besar atau home industri. Produk kecap di Indonesia masih didominasi oleh produsen besar. Cita rasa, harga, dan kemasan sangat mempengaruhi dalam persaingan produk kecap. Oleh karena itu produsen kecap harus memiliki inovasi untuk menghasil cita rasa kecap yang disukai konsumen, tampilan yang menarik serta harga yang bersaing. Produsen besar atau produsen skala home industri memiliki peluang yang sama untuk menghasilkan produk kecap yang disukai konsumen, karena proses pembuatan kecap mudah dan tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi, hanya saja diperlukan inovasi yang terus menerus.
                Bagi yang tertarik untuk berwirausaha produk kecap maka penting sekali mengetahui cara membuat kecap yang nikmat, dan analisa kelayakan usaha baik asperk pasar dan ekonominya. Berikuti ini adalah Proses pembuatan kecap adala sebagai berikut:
        sortasi kedelai
        perendaman kedelai 3-5 jam
        perebusan atau pengukusana
        penirisan
        inokulasi dengan Kapang
        fermentasi 2-3 hari
        Fermentasi dengan larutan garam 25% selama 3 bulanan
        Pemasakan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan (garam, bawang putih, lengkuas, salam, sereh, dll) dan tambahkan gula merah dengan kualitas baik, diaduk hingga mengental.
        penyaringan dan pengemasan.

Demikian proses pembuatan kecap manis secara sederhana, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.